Wednesday, November 16, 2011

Doa Yang Sering Dibaca Oleh Rasulullah SA.W Ketika Ditimpa Sesuatu


Doa Yang Sering Dibaca Oleh Rasulullah SA.W Ketika Ditimpa Sesuatu


1. Do’a Ket...ika Mendapat Berita Gembira

Ketika engkau sedang bergembira, segeralah menjaga kesimbangan jiwa mu. Yakinlah bahwa sumber kebahagiaan dan kegembiraanmu adalah Allah SWT. Maka,ikutilah do’a Nabi Muhammad SAW, berikut :

“ Alhamdulillahi rabbil’alamin hamdan yuwaafii ni’mahu wayukaafiu maziida”

Ertinya
"Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, pujian yang menyamai nikmat-Nya dengan mengimbau tambahan keutamaan-Nya" (HR. Bukhari)


2. Do’a Saat merasa Sedih,Malas dan Gundah

Kegembiraan dan kebahagiaan semata hanya milik Allah yang diberikan kepada dikehendaki-Nya. Demikian pula kesedihan dan kegundahan datang silih berganti dengan kebahagiaan. Janganlah engkau putus asa apabila kegundahan dan kesedihan itu menjumpaimu. Mungkin itu ujian atau cobaan. Karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan kita do’a agar suasana keimanan kita tetap terjaga.

“ Allahumma innii auzubika minalhammi wal hazan. Wa’auzubika minal ajzi wal kasal. Wa’auzu bika minal jubni wal buhl. Wa’auzu bika min galabatiddayni wakahrirrijal “

Ertinya
"Ya Allah,sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan,aku berlindung kepada-Mu dari ketidak berdayaan dan kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kepengecutan dan kebakhilan serta dari bebanan hutang dan kekasaran orang lain"
(HR. Abu Dawud dari Abu Said Al-Khudri)


3. Do’a Tatkala Dibebani Hutang

Salah satu yang dapatmembuatmu sedih,gelisah dan gundah adalah utang yang banyak dan melilit. Apabila itu menimpamu, bacalah doa di atas yang kemudian diikuti dengan doa berikut:

“ Allahummakfinii bihalalika an haraamika, wa agninii bi fadlika amman siwaak “

Ertinya
"Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki yang halal dari-Mu, jauhkanlah aku dari rezeki yang telah Engkau haramkan, dan berilah aku kekayaan dengan anugerah-Mu bukan selain-Mu (HR. Tirmidzi dari Ali bin Abi Talib)


4. Do’a Ketika Ketakutan/ Saat-saat Genting

Jangan berharap untuk menemui sesuatu yang menakutkanmu.Tetapi, jika engkau menghadapinya, bacalah doa ini"

“Subhaanallahil ‘adzim, yaahayyu yaakoyyum birahmatika astagis”

Ertinya
"Maha suci Allah yang Maha Agung. Ya Allah, Yang Maha Hidup dan Menguasai aku memohon pertolongan dengan rahmat-Mu ( HR. Tirmidzi ).

No comments: